Jumat, 14 Juni 2013

Ketika Teknologi Jadi 'Senjata Baru' buat Pebulutangkis

Jakarta - Mungkin masih banyak pebulutangkis yang bisa mendapatkan kemenangan hanya dengan mengandalkan cara-cara konvensional. Tapi, ada juga yang mengambil keuntungan dengan adanya teknologi masa kini.

Salah satu contohnya adalah tunggal putri Indonesia, Bellaetrix Manuputty. Tiap kali akan bertanding, Bella selalu mempelajari kekuatan calon lawannya lewat rekaman video pertandingan.

Rekaman video tersebut bisa didapatkan dari arsip hasil merekam sendiri. Tapi, kalau tidak ada, Bella juga tak perlu resah karena dia bisa berselancar di dunia maya dan membuka situs berbagi video YouTube.

"Jadi, udah prepare gitu lho, besok lawan siapa, mau main gimana, udah merencanakan. Jangan sampai kosong melompong besok mau main gimana," kata Bella di Istora Senayan, Kamis (13/6/2013).

Kebiasaan Bella nonton YouTube sebelum bertanding sudah dimulai sejak tahun ini. Dia mendapatkan saran untuk melakukan hal tersebut dari mantan ratu bulutangkis Indonesia, Susi Susanti.

"Baru-baru ini. Dikasih tahu tips sama Cik Susi," ungkapnya.

Karena belum pernah bertemu, Bella juga nonton YouTube dulu sebelum menghadapi lawannya di babak kedua Djarum Indonesia Open Super Series Premier 2013, Petya Nedelcheva. Hasilnya, dia menang mudah 21-8, 21-15.

"Sebelumnya saya sudah lihat di YouTube cara mainnya dia. Mainnya gampang ditebak," kata Bella.

"(Nonton YouTube) membantu banget. Tadi saja sebenarnya badannya udah capek banget sih. Melihat cara main lawan saya tadi, jadi bisa baca kebiasaannya dia. Nggak jauh beda," tambah kekasih Dionysius Hayom Rumbaka ini.

Bagaimana seandainya rekaman pertandingan calon lawan Bella tak bisa ditemui di YouTube?

"Nggak mungkin. Kan pertandingannya pemain elite semua. Mungkin saya yang nggak ada," selorohnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...