Rabu, 14 Maret 2012

Aa Gym Menikah Ketiga Kali, Teh Ninih Jadi Istri Muda


Setelah bercerai beberapa waktu lalu, KH Abdullah Gymnastiar, yang akrab disapa Aa Gym, menikahi kembali Ninih Muthmainnah, yang biasa dipanggil Teh Ninih, Selasa (13/3/2012) pagi.

Pernikahan untuk kedua kalinya itu berlangsung di kediaman adik kandung Teh Ninih, Ustaz Dudung Abdulgani, di Jalan Mukti 19, RT 08/01, Kampung Cibaligo, Desa Sariwangi, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Salah seorang adik Teh Ninih, Luthfi Mukhsin, mengatakan, akad nikah itu dilaksanakan pukul 07.30. Dihadiri oleh keluarga Teh Ninih dan Aa Gym, akad nikah itu berlangsung khidmat. Pada pukul 09.30, kata adik bungsu Teh Ninih ini, mereka berangkat ke Daarut Tauhiid untuk menggelar resepsi.

"Keluarga Mbak Rini tidak ke sini. Yang ada cuma dari pihak Aa Gym dan Teh Ninih. Selanjutnya pernikahan ini akan mereka urus di KUA," kata Luthfi saat ditemui di rumah Ustaz Dudung.

Aa Gym, kata Luthfi, telah mengurus surat-surat pernikahannya dengan Teh Ninih sebelumnya ke pengadilan. Aa Gym pulalah, kata Luthfi, yang meminang dan berniat untuk menikahi Teh Ninih kembali. "Doakan saja semoga semuanya lancar dan mereka berdua bahagia," kata Luthfi.

Tetangga yang tinggal di sebelah rumah Ustaz Dudung, Han (40), mengatakan kedatangan Aa Gym dan Teh Ninih ke rumah Ustaz Dudung mendadak. Dia kaget ketika Aa Gym datang ke rumah Ustaz Dudung.

"Aa Gym ke sini pake motor. Keluarganya pake mobil. Kalau rumah Teh Ninih kan dekat dengan rumah Ustaz Dudung, cuma terhalang satu rumah. Jadi, Teh Ninih dan keluarga jalan kaki ke tempat akad nikah," kata Han.

Juru bicara Pengadilan Agama Bandung, Acep Saifuddin, mengatakan, ikrar cerai Aa Gym dengan Teh Ninih benar dilakukan di Pengadilan Agama pada Juni 2011. Karena itu, menurut dia, kalau Aa Gym kembali bersatu dengan Teh Ninih, harus menikah ulang di KUA setempat.

"Karena sudah melewati 90 hari masa idah," katanya. Kembali menikahnya Aa Gym dengan Teh Ninih membuat status Teh Ninih menjadi istri muda meskipun Teh Ninih pernah menyandang status istri pertama Aa Gym.

"Istilahnya bukan rujuk, tapi Aa Gym nikah lagi. Teh Ninih juga istilahnya istri muda," kata Kepala KUA Kecamatan Sukasari, Bandung, HE Sobana, di kantornya.

Karena itu, kata Sobana, status istri kedua Aa Gym, Teh Rini, pun menjadi istri tua. "Ya, yang dulunya istri tua, sekarang jadi istri muda. Sekarang Teh Rini yang jadi istri tua," ujarnya.

Sementara itu, setelah ditunggu sejak pagi, KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym akhirnya muncul juga, Selasa (13/3/2012) petang. Meski tanpa turun dari mobil Innova warna hitam nopol B 1622 QQ yang melaju pelan, Aa Gym mengakui telah rujuk kembali dengan mantan istri pertamanya, Ninih Muthmainah atau Teh Ninih.

"Alhamdulillah. Iya tadi jam 8 pagi," kata Aa Gym, yang ditemui di kawasan Gegerkalong Girang.
Aa Gym, yang hanya menurunkan kaca mobilnya, juga mengatakan bahwa apa yang sudah dilakukannya tersebut merupakan jalan Allah SWT yang sudah diatur untuknya.

"Semua ada yang ngatur, semua ada waktunya. Allah yang atur. Mudah-mudah jadi kebaikan bagi semua. Terima kasih, yah," kata Aa Gym sambil menutup jendela mobil.

Aa Gym, yang terlihat mengenakan koko hitam tanpa serban, terus tersenyum saat menanggapi para wartawan yang telah menunggunya. Di dalam mobil tersebut, Aa Gym tidak ditemani Teh Ninih atau kerabat lainnya. Hanya seorang sopir yang terus mengemudikan mobil meski awak media berusaha mewawancarai pemimpin Pesantren Daarut Tauhiid itu.

Secara terpisah, Ketua MUI Kota Bandung, Miftah Faridl, yang juga sahabat Aa Gym dan Teh Ninih, mengaku senang dengan kabar rujuknya pasangan tersebut. Namun ia mengakui tidak tahu adanya akad nikah kembali di sebuah rumah di Cibaligo, KBB.

"Saya tidak tahu info rujuk. Ini bener nggak infonya? Kalau benar, ya alhamdulillah. Semoga pernikahan langgeng," kata Miftah saat dihubungi Tribun.

Menurut Miftah, baik Aa Gym maupun Teh Ninih adalah sahabat dekatnya. Keduanya dinilai memiliki pengetahuan agama yang luas dan sudah sangat paham agamanya. Mereka dinilai sudah tahu apa yang harus dilakukan untuk ke depannya.

"Semoga pernikahan mereka langgeng. Saya tahu benar perjalanan mereka seperti apa. Harapannya ke depan lebih baik. Yang lalu jadi pelajaran, diambil hikmahnya," katanya.

Miftah pada pernikahan Aa Gym dengan Rini menjadi salah satu saksi. Ia juga sempat prihatin saat mengetahui Aa Gym bercerai dengan Teh Ninih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...