Jumat, 14 Februari 2014

Konon Gunung Kelud Hanya Meletus saat Wage

Blitar: "Neptu/weton Wage" atau hari pasaran keempat dalam hitungan Jawa itu seolah mengokohkan "hari keramat" Kelud, karena rupanya gunung yang memuntahkan lava pijar terjadi pada Kamis (13/2) malam atau malam Jumat Wage.

Kebiasaan Gunung Kelud yang dalam beberapa kali meletus pada hari pasaran Wage itu bahkan sempat menjadi bahan bahasan jemaah yasinan di Kompleks Perumahan Pondok Delta Jengglong, Kelurahan Kaweron, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Kamis (13/2) malam.

"Gunung Kelud telah beberapa kali meletus bertepatan dengan neptu atau hari pasaran Wage. Karena itu, malam ini perlu waspada mengantisipasi aktivitas Gunung Kelud, karena sekarang malam Jumat Wage," ujar warga perumahan itu, Jamil.


Jamah yasinan dan juga Jamil, warga Perumahan Pondok Delta itu, membahas dan menyampaikan peringatan untuk waspada bertepatan dengan status Gunung Kelud yang Kamis (13/2) malam sekitar pukul 21.00 WIB ditetapkan naik dari Siaga (Level III) menjadi Awas (Level IV).

Hanya berselang kurang dua jam dari peningkatan status itu, Gunung Kelud pun benar-benar meletus pada pukul 22.59 WIB yang bertepatan malam Jumat Wage menurut perhitungan Jawa.

Hitungan Jawa menetapkan memasuki hari berikutnya sejak sore hari, sehingga Gunung Kelud meletus bertepatan pada Jumat Wage. Sumber *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...