Minggu, 09 Februari 2014

Demi Jokowi, Terry Foxconn Rela Tak Libur

"Dia (Jokowi) punya kemampuan
eksekusi yang berbeda,"
Jakarta - Direktur Foxconn Technology Group, Terry Gou, mengaku mengorbankan hari liburnya demi menandatangani nota kerja sama atau letter of intent di Jakarta. "Saya menggunakan liburan saya untuk ke sini menandatangani ini (letter of intent)," kata Terry di Balai Kota, Jumat 7 Februari 2014. Sebab, saat ini bagi dia masih merupakan masa liburan Tahun Baru Cina.

Menurutnya, Indonesia adalah negara yang prospektif untuk investasi. "Saya punya daftar negara-negara besar untuk investasi termasuk Rusia, Cina, Amerika Serikat, Mexico, Brazil, India. Tapi menurut saya masa depan dimulai di Indonesia." (Baca: Temui Jokowi, Foxconn Janji Investasi Rp 12 T).


Orang terkaya nomor empat di Taiwan versi Majalah Forbes ini menyatakan alasan investasinya di Jakarta karena sosok Gubernur DKI, Joko Widodo. "Dia punya kemampuan eksekusi yang berbeda," kata Terry. Faktor ketertarikan lainnya adalah ketersediaan tenaga kerja muda dan sumber daya alam yang melimpah.

Dia menghabiskan satu tahun untuk studi di lokasi mana untuk investasi high technology di Indonesia. Melihat risiko investasi di sini, ia berpikir soal siapa yang bisa menyelesaikan masalahnya. "Jokowi berjanji bisa selesaikan masalah itu."

Terry menemui Jokowi setahun lalu ketika sedang mencari-cari lokasi investasi pabrik barunya. Belakangan dia terkesan karena Pemerintah Provinsi DKI menunjukkan keseriusan. Jokowi mengirim tim pemprov dan Kawasan Berikat Nusantara pekan lalu ke Taipei sebelum Tahun Baru Cina. "Saya saja berhenti (bekerja) di Tahun Baru Cina," katanya tertawa.

Foxconn menjanjikan investasi senilai US$ 1 miliar di Jakarta dalam jangka 3-5 tahun. Targetnya, mendirikan industri teknologi tinggi (high-end) dalam bidang teknologi informasi bagi tenaga kerja muda. Produk yang dijanjikan adalah pembuatan chip dan konduktor telepon seluler. Sumber *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...